Masyarakat Kalsel Terima Sertifikat Tanah Massal

BANJARBARU, KOMPAS.com — Penyerahan sertifikat tanah secara massal dalam rangka penguatan hak-hak rakyat atas tanah dilangsungkan di halaman Kantor Kelurahan Loktabat Utara, Kabupaten Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (3/8).

Acara yang dihadiri 2.000-an undangan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Pertanahan Nasional Joyo Winoto dan Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin. Berdasar data dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Kalimantan Selatan (BPN Kalsel), sertifikat tanah yang diselesaikan Kanwil BPN Kalsel tahun 2009 sebanyak 2.268, terdiri dari redis, UMK, wakaf, prona, instansi pemerintah, dan rutin.

Sertifikat yang sudah selesai tersebut tersebar di Banjarmasin sebanyak empat, Kabupaten Banjar (100), Tapin (121), Hulu Sungai Selatan (380), Hulu Sungai Tengah (246), Hulu Sungai Utara (200), Tabalong (135), Tanah Laut (249), Barito Kuala (276), Kotabaru (78), Banjarbaru (204), Tanah Bumbu (200), dan Balangan (75).

Mobil Larasita (layanan rakyat untuk sertifikat tanah) BPN RI pun ditampilkan di bawah naungan tenda tempat berlangsungnya acara. Sementara itu, ratusan warga dari kabupaten/kota di Kalsel yang akan menerima sertifikat duduk di tiap baris kursi sesuai domisili menunggu penyerahan sertifikat tersebut.

0 comments: